Pengertian dan contoh teks laporan hasil observasi terbaru dan terlengkap



Pengertian dan contoh teks laporan hasil observasi terbaru dan terlengkap

Pengertian dan contoh teks laporan hasil observasi terbaru dan terlengkap - Hai Teman-teman Salam Pintar :) , apa kabar ? Siang ini saya akan membagikan pengetahuan tentang Materi Bahasa Indonesia materi tentang teks hasil laporan hasil observasi , Mungkin teman-teman sekalian masih banyak yang belum mengetahui dan bertanya-tanya apa itu laporan hasil observasi. Maka dari itu mari kita bahas secarang langsung.


Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil operasi adalah merupakan teks yang berisikan tentang pembahasan atau penjabaran sesuatu hasil yang merupakan hasil dari observasi atau pengamatan. Teks ini juga sering disebut dengan teks klasifikasi karena di dalamnya terdapat kasifikasi tentang sesuatu yang berdasarkan kriteria khususnya. Jenis teks ini selalu berisi tentang diskripsi bentuk, ciri-ciri,dan sifat umum dari objek yang diamati baik itu dari manusi, hewan, tumbuhan benda dan lain sebagainya.


Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Suatu teks dapat dikatakan sebagai teks hasil observasi apabila didalamnya terdapat beberapa ciri-ciri sebagai berikut : mari kita bahas :)
  1. penulisannya harus berdasarkan fakta yang ada saat observasi
  2. bersifat obyektif
  3. tidak memihak
  4. tidak mengandung dugaan atau pendapat yang menyimpang dari topik.
  5. bersifat universal
  6. penulisan yang lengkap agar tidak terjadi ketimpangan pada hasil yang disampaikan
  7. penyajian teks disajikan secara menarik dengan menggunakan bahasa yang baku dan berbobot atau berkualitas.

Struktur Teks Hasil Observasi

Dalam teks hsail laporan hasil observasi terdapat struktur yang harus kita patuhi agar teks menjadi lebih meraik dan mudah untuk di pahami pembaca.


1.  Definisi Umum 
Definisi umum merupakan bagian pembuka pada sebuah teks hasil observasi. Pada bagian ini ada beberapa pengertian dan gambaran umum untuk sesuatu yang akan dibahas.

2.  Definisi Bagian
Definisi bagian merukan bagian teks yang menjelaskann tentang setiap ide pokok dari paragraf secara jelas dan terperinci atau detail.


3.  Definisi Manfaat
Definisi manfaat merupakan bagian teks yang menjelaskan tentang manfaat dari hasill yang disajikan teks tersebut.

4.  Penutup
Penutup ialah yang berisikan kesimpulan dari semua hal yang telah di sampaikan.

Cara-cara dan langkah penyusunan teks laporan hasil observasi

Dalam membuat dan menyusun teks hasil observasi haruslah mengikuti langkah atau kaidah yang ditetapkan agar hasilnya dapat memuaskan dan baik untuk dipahami pembaca. Adapun langkah dalam menyusun teks hasil observasi antara lain :

1. Membuat judul laporan dari hasil pengamatan telah dilakukan. Judul harus sesuai dengan tema dan alur yang akan disampaikan nantinya.

2. Membuat dan menyampaikan kalimat pembuatan yang berisi tentang gambaran umum dari hasil
observasi yang di lakukan.

3. Menyusun dan membuat laporan yang berisi gagasan atau ide pokok dari hasil pengamatan

4. Menjelaskan manfaat dari hasil observasi tersebut

5. Menuliskan kalimat penutup pada hasil observasi.

Untuk lebih lengkap mari kita lihat contoh teks hasil observasi berikut:

Contoh Teks Hasil Observasi

Narkoba Menyerang Generasi Bangsa Kita


Narkoba ialah bahan berbahaya yang berbahaya jika disalahgunakan akan mengakibatkan kecanduan pada pemakainya dan pada akhirnya akan membawa kematian pada pemakainya apabila kita mengkosumsi nya secara terus menerus. Latar belakang penggunaan narkoba saait ini sudah menjamur dikalangan kita mulai dari pergaulan yang bebas atau menular dari seks bebas,serta masih banyak hal lain yang melatar belakangi para penggunanya.

Baru-baru ini target pengedar narkoba ialah remaja yang berumur 15-26 tahun yang masih sangat mudah untuk ikut-ikutan atau penasaran karena kejiwaan mereka yang masih labil dan mudah terpengaruh pleh teman-temannya. Kita semua tau bahwa anak remaja pada usia tersebut adalah pemuda dan pemudi bangsa yang sangat dinantikan untuk meneruskan bangsa indonesia kelak untuk menjadi negara yang lebih baik dan sejahtera dikemudian hari. Saat ini terdapat 3,9 juta orang indonesia banyak yang menggunakan atau menyalah gunakan narkoba dari jumlah tersebut sebanya 21,5% adalah remaja.

Pada umumnya pemakai atau pengguna narkoba yang berusia remaja banyak yang menggunakan ganja dan psikotropika seperti ekstasi , dan Megadon. Semua barang haram tersebut sangat berbahaya jika dikomsumsi secara terus menerus karena akan mengakibatkab ketergantungan pada pemakainya. Apalagi jika pemakai narkoba adalah kalangan menengah kebawah yang kondisi ekonominya pas-pasan, jika sudah tak mempunyai uang maka pengguna akan melakukan tindak kriminal demi mendapatkan uang untuk mendapatkan barang haram tersebut.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan BNN tahun lalu menyatakan , perkembangan pengguna dan pengedar narkoba pada pelajar dan mahasiswa. Hasil penelitian pada !^ provinsi di indonesia, ditemukan 2,5% siswa SLTP pernah menggunakan narkoba, dan 4,6% pelajar SMA tercatat pernah menggunakan barang haram tersebut. Sementara itu untuk perguran tinggi atai mahasiswa terdapat 7,6% yang pernanh menggunakan narkoba. Namun mulai tahun lalu pemerintah bersama instansi terkait bertekad menekan angka pemakai narkoba pada pelajar hingga 0%. Namun upaya tersebut pasti membutuhkan kerja keras. Saat ini saja pemerintah telah mengganding 58 kamous di Jakarta untuk melakukan pengawasan pada pengedar narkoba dan penyalahgunaan narkoba. namun peran keluarga dan lingkungan sekitar sangat penting dibutuhkan untuk menangkal serangan narkoba pada anak remaja.

Penelitian dan pengamatan ini bertujuan untuk memberikan data-data dan fakta yang terjadi secara global yang di timbulkan pleh narkoba di indonesia sangat menjadi ancaman pada generasi bangsa yang sangat diharapkan membawa perubahan bagi bangsa ini pada kehidupan yang layak dan lebih baik. Maka dari itu diperlukan  peran dari berbagai pihak untuk mencegah atau menghindari terjadinya penyalah gunaan narkoba pada bangsa kita terutama pada anak-anak dan remaja dan diharapkan bagi yang pernah menggunakan narkoba disegerakan membawa mereka ke panti rehabilitasi narkoba agar ketingkat ketergantungan dapat dikurangi. Dengan beberapa cara tersebut dalam kurun waktu hingga 5-10 tahun kedepan penggunaan narkoba akan menurun secara signifikan terutama pada anak-anak dan remaja.


Itulah yang dapat admin sampaikan kepada teman-teman tentang Pengertian dan contoh Teks Laporan Hasil Observasi  terbaru dan terlengkap yang telah kita bahas bersama. Semoga artikel tersebut dapat membantu teman-teman untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Seeyou guys :D sukses selalu dan salam pintar

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan contoh teks laporan hasil observasi terbaru dan terlengkap"

Posting Komentar